YouTube menjadi salah satu platform video yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang, hal ini tentu saja disebabkan banyaknya informasi yang bisa diperoleh dalam bentuk video yang menarik untuk ditonton. Ketika orang ingin menonton berita hari ini namun tidak sedang berada di rumah untuk menonton televisi, mereka memilih menggunakan YouTube sebagai penunjang aktivitas tersebut. Selain itu YouTube juga ramah pengguna, Anda bisa membuka aplikasi maupun web nya dalam berbagai perangkat. Sehingga akan sangat mudah untuk diakses di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan Anda.
Youtube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube sendiri. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan meng-upload video mereka di youtube. Oleh karena itu youtube menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan. Mulai dari menyanyi atau pun menari bisa menjadi sebuah pilihan.
Sedangkan marketing adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya kepada masyarakat dengan cara atau strategi yang dimiliki setiap perusahaan. Bisa dikatakan bahwa YouTube Marketing adalah salah satu strategi pemasaran secara online untuk meningkatkan penjualan melalui platform YouTube. Memaksimalkan strategi pemasaran tentu bisa dilakukan dengan cara apa saja, seperti pemasaran offline, pemasaran secara online, pemasaran menggunakan media sosial, dan lainnya.
Apa Itu YouTube Marketing
Merupakan salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui media YouTube, strategi satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan opsi dalam mempromosikan produk atau layanan jasa milik Anda. Hal ini bisa menjadi pilihan tepat sebab YouTube sudah menjadi platform yang sangat besar dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak, ada lebih dari 1,3 miliar pengguna YouTube di dunia. Ia juga sangat membantu dalam meningkatkan Search Engine Optimization atau SEO yang memudahkan produk Anda terlihat di pasaran. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google, Anda juga bisa membuat sendiri channel YouTube untuk mulai membangun strategi pemasaran dengan menggunakan platform satu ini. Meski di era serba digital semua hal bisa dijadikan platform pemasaran, tidak ada salahnya Anda juga mencoba menggunakan YouTube untuk tahu pemasaran yang pas dan cocok untuk bisnis Anda seperti apa.
Cara Mengoptimalkan SEO untuk Video

Setelah memiliki akun YouTube, Anda justru dibingungkan dengan cara memulai untuk mencoba strategi marketing dengan YouTube. Karena YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua, maka Anda harus memperhatikan bagian SEO nya. Semakin bagus SEO nya maka semakin baik pula peringkat yang nantinya Anda dapatkan untuk produk Anda, begitupun sebaliknya. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan SEO video di YouTube Anda.
Judul
Tak jauh berbeda dengan pengoptimalan SEO pada sebuah website, Anda bisa mulai mengoptimalkan SEO video dengan memperhatikan judul video. Ini menjadi bagian penting sebab judul akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh pengunjung, sehingga sangat menentukan apakah pengunjung mengklik video Anda atau tidak. Anda harus memastikan bahwa judul yang dibuat menarik dan membuat pengunjung penasaran, sehingga ia akan mengklik video tersebut untuk membayar rasa penasarannya. Anda bisa melakukan keyword research terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari oleh orang-orang.
Deskripsi
Selain judul tentunya Anda juga harus memperhatikan deskripsi video yang dibuat, dalam tampilan YouTube hanya akan menampilkan dua hingga tiga abring pertama dari deskripsi video yang Anda buat. Jumlahnya sekitar seratus karakter, jika lebih dari itu maka pengunjung bisa klik tampilkan lebih banyak untuk membaca keseluruhan isi deskripsi Anda. Sehingga akan sangat penting untuk meletakkan Call to Action serta link di awal deskripsi agar pengunjung bisa langsung mengunjungi website Anda dengan mudah.
Tag
Merupakan kata kunci deskriptif yang membantu pengunjung untuk menemukan konten Anda, biasanya tag bisa ditambahkan dalam video yang ingin di posting. Tag menjadi salah satu bagian penting juga yang harus Anda perhatikan, usahakan untuk membuat tag yang relevan dengan keyword yang digunakan. Sebab tag yang Anda buat akan menghubungkan video Anda ke video lain yang tampak serupa, ini bisa membantu Anda memperluas jangkauan.
Thumbnail
Gambar utama atau thumbnail yang menarik mampu menumbuhkan minat dari pengunjung untuk mengklik video yang Anda buat, thumbnail akan muncul pertama kalinya saat pengunjung menelusuri video dalam pencarian. Jadi usahakan thumbnail yang Anda tampilkan menarik dan unik untuk meningkatkan jumlah pengunjung.
Cara Membangun YouTube Marketing

Setelah tadi Anda mempelajari cara mengoptimalkan SEO, ada baiknya Anda membangun YouTube marketing dengan memanfaatkan platform lain. Berikut ulasannya.
Media Sosial
Platform satu ini pasti dimiliki oleh hampir semua pengguna gadget, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membagikan video YouTube yang sudah diposting ke berbagai media sosial yang ada. Seperti pada Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya, Anda bisa menambahkan tagar yang relevan untuk membantu memperluas jangkauan konten Anda. Caption yang relevan dan persuasif juga sangat membantu agar pengunjung melakukan klik pada link video Anda.
Blog atau Website
Selain media sosial, website ataupun blog juga bisa menjadi pilihan Anda untuk membagikan postingan video YouTube. Anda bisa membuat konten blog yang relevan dengan video yang dibagikan, cara ini bisa digunakan tidak hanya untuk meningkatkan traffic YouTube tetapi juga bisa meningkatkan traffic blog secara bersamaan.
Email
Tidak hanya untuk media berkirim pesan, email juga bisa digunakan untuk membangun komunikasi yang lebih intens kepada pengunjung. Anda bisa mengirimkan newsletter pada pengunjung yang berisikan konten video dan copywriting yang bagus pada badan email, untuk menarik pengunjung dengan menggunakan media satu ini.
No comments:
Post a Comment